Next Post

Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan 2024: Meningkatkan Produktivitas Perikanan Tanah Bumbu

Kegiatan pelatihan dan pembinaan pembuatan pakan ikan (25/06), (sumber : Mansyur, Kabid Budidaya Perikanan)

Kegiatan pelatihan dan pembinaan pembuatan pakan ikan tahun 2024 yang dilaksanakan di Kantor Perikanan, Pusat Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu, Kelurahan Gunung Tinggi, telah sukses digelar pada Selasa, 25 Juni 2024 lalu. Acara ini menjadi salah satu agenda penting bagi para penyuluh perikanan dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Mansyur, Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, selain pelatihan, kegiatan ini juga melibatkan pemberian bantuan bibit ikan dan mesin pembuat pakan ikan kepada para petani. “Selain pelatihan, ada kegiatan bantuan bibit ke petani dan bantuan mesin pembuat pakan ikan,” kata Mansyur. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi budidaya ikan di daerah tersebut.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan pembuatan pakan ikan (25/06), (sumber : Mansyur, Kabid Budidaya Perikanan)

Pelatihan yang diadakan ini diikuti oleh berbagai Pokdakan yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Mansyur yang bergelar Sarjana Perikanan ini merinci beberapa Pokdakan yang turut ambil bagian, seperti Pokdakan Karya Bersama dari Desa Ringkit, Pokdakan Tambak Barat dari Desa Karang Intan, dan Pokdakan Bina Rahayu dari Desa Sepakat. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen kuat dalam memajukan sektor perikanan budidaya di Tanah Bumbu.

Pokdakan, berdasarkan KEPMEN KP NOMOR KEP.14/MEN/2012, adalah singkatan dari kelompok pembudidaya ikan. Kelompok ini terdiri dari pelaku utama di bidang perikanan budidaya yang fokus pada budidaya ikan sebagai mata pencaharian utama. Pokdakan yang mengikuti pelatihan ini telah diakui keberadaannya oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu karena memenuhi syarat keanggotaan, kemandirian kelompok, dan kelengkapan administrasi.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan pembuatan pakan ikan (25/06), (sumber : Mansyur, Kabid Budidaya Perikanan)

Lebih lanjut, Mansyur menambahkan bahwa pelatihan ini berlangsung selama satu hari penuh. “Acara hanya 1 hari, full teori dari jam 9 sampai 12 siang dan praktek dari jam 13 sampai 15,” jelasnya. Sesi teori memberikan pemahaman mendalam tentang teknik pembuatan pakan ikan, sementara sesi praktek memberikan kesempatan bagi peserta untuk langsung mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh.

Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada teori dan praktek, tetapi juga memberikan dampak positif berupa bantuan langsung kepada para petani ikan. Bantuan bibit ikan dan mesin pembuat pakan ikan menjadi salah satu upaya nyata dalam mendukung keberlanjutan dan peningkatan produktivitas budidaya ikan di Tanah Bumbu.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan pembuatan pakan ikan (25/06), (sumber : Mansyur, Kabid Budidaya Perikanan)

Para peserta pelatihan, yang terdiri dari berbagai Pokdakan, mendapatkan kesempatan untuk belajar dan berbagi pengalaman satu sama lain. Hal ini menciptakan lingkungan kolaboratif yang sangat bermanfaat bagi perkembangan sektor perikanan di daerah tersebut. Kegiatan seperti ini juga menjadi ajang untuk membangun jaringan dan memperkuat kerjasama antar Pokdakan.

Kehadiran berbagai Pokdakan dari berbagai desa, seperti Pokdakan Berkah Bersama dari Desa Indra Loka Jaya, Bina Mandiri dari Desa Gunung Tinggi, dan Maju Sejahtera dari Desa Pulau Satu, menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi dari para pembudidaya ikan. Mereka bertekad untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan dalam budidaya ikan.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan pembuatan pakan ikan (25/06), (sumber : Mansyur, Kabid Budidaya Perikanan)

Secara keseluruhan, kegiatan pelatihan dan pembinaan pembuatan pakan ikan tahun 2024 ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ikan di Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan dukungan penuh dari Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu dan partisipasi aktif dari para Pokdakan, diharapkan sektor perikanan budidaya di daerah ini dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian lokal.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu ini adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi dan pendidikan dapat memberdayakan masyarakat lokal. Dengan pengetahuan dan bantuan yang tepat, para petani ikan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka. Ini menunjukkan bahwa investasi dalam sumber daya manusia dan teknologi adalah kunci untuk kemajuan berkelanjutan di sektor perikanan. Terus belajar, berbagi, dan bekerjasama adalah langkah penting menuju masa depan yang lebih baik bagi semua.

Pakan Ikan hasil kegiatan pelatihan dan pembinaan pembuatan pakan ikan (25/06), (sumber : Mansyur, Kabid Budidaya Perikanan)

Kalimantan Smart Info – Jendela Informasi Nusantara (Om Anwar)

Avatar photo

Redaksi

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page