Next Post

Begini Cara Memantau dan Mengawasi Pengalokasian APBD 2024 Se-Indonesia

APBD atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah merupakan alat penting bagi pemerintah daerah dalam menyampaikan prioritas pengalokasian dana kepada masyarakat. Di Kabupaten Tanah Bumbu, pemerintah daerah berkoordinasi dengan DPRD untuk memastikan anggaran yang disusun benar-benar mencerminkan kebutuhan masyarakat. Namun, bagaimana caranya masyarakat dapat mengetahui dan memantau prioritas pengalokasian tersebut?

Masyarakat Tanah Bumbu memiliki berbagai cara untuk memantau dan memahami bagaimana APBD mereka dialokasikan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Dokumen Publik: Pemerintah daerah biasanya menerbitkan dokumen APBD yang dapat diakses oleh publik. Dokumen ini sering kali tersedia di situs web resmi pemerintah daerah atau bisa didapatkan melalui permintaan resmi. Dengan membaca dokumen ini, masyarakat dapat melihat secara detail bagaimana anggaran dibagi dan dialokasikan.

2. Sosialisasi dan Konsultasi Publik: Pemerintah daerah sering mengadakan sosialisasi dan konsultasi publik mengenai rencana APBD. Dalam forum ini, masyarakat dapat berpartisipasi aktif, memberikan masukan, dan menanyakan langsung kepada pejabat terkait tentang prioritas pengalokasian dana.

3. Rapat Terbuka DPRD: Rapat-rapat DPRD yang membahas APBD biasanya bersifat terbuka untuk umum. Masyarakat bisa menghadiri rapat ini secara langsung atau menyaksikannya melalui siaran online jika tersedia. Ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melihat langsung proses pengambilan keputusan mengenai anggaran.

4. Media Massa: Informasi mengenai APBD sering diliput oleh media massa lokal, baik cetak maupun elektronik. Berita dan analisis dari media ini membantu masyarakat mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai prioritas pengalokasian anggaran yang telah disusun.

5. Laporan Pertanggungjawaban: Setelah pelaksanaan APBD, pemerintah daerah biasanya menyampaikan laporan pertanggungjawaban yang juga dapat diakses oleh masyarakat. Laporan ini memberikan rincian mengenai bagaimana anggaran telah digunakan dan apakah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

6. Partisipasi Masyarakat: Beberapa daerah memiliki mekanisme partisipasi masyarakat seperti Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) yang memungkinkan masyarakat berperan dalam proses perencanaan anggaran. Melalui Musrenbang, masyarakat dapat menyampaikan usulan dan prioritas mereka langsung kepada pemerintah daerah.

Selain cara-cara di atas, masyarakat Tanah Bumbu juga dapat memantau APBD Tahun 2024 melalui link https://djpk.kemenkeu.go.id/portal/data/apbd. Situs ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan menyediakan data terkait APBD dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Tanah Bumbu. Ini menunjukkan keterbukaan pemerintah dalam pengelolaan keuangan daerah, memastikan bahwa data APBD tersedia untuk publik dan tidak dapat ditutup-tutupi.

Sumber : Kemenkeu RI

Berikut adalah caranya:

Akses Situs: Buka browser internet dan ketik alamat URL: https://djpk.kemenkeu.go.id/portal/data/apbd.

Navigasi ke Data APBD: Setelah masuk ke situs tersebut, cari bagian atau menu yang menyediakan data APBD. Biasanya ada di halaman utama atau pada menu navigasi yang jelas.

Pilih Daerah: Gunakan fitur pencarian atau dropdown menu untuk memilih provinsi dan kabupaten yang ingin Anda lihat, dalam hal ini pilih “Kabupaten Tanah Bumbu.”

Unduh atau Tinjau Dokumen: Setelah memilih Kabupaten Tanah Bumbu, Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan rincian APBD. Di sini, Anda bisa meninjau langsung rincian alokasi anggaran atau mengunduh dokumen terkait untuk dibaca secara mendetail.

Analisis Data: Telusuri berbagai komponen anggaran yang tersedia di dokumen tersebut, seperti pendapatan, belanja, dan alokasi prioritas. Situs ini sering menyediakan format yang mudah dipahami seperti tabel atau grafik.

Dengan langkah-langkah ini, masyarakat dapat dengan mudah memantau dan menganalisis alokasi anggaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu. Transparansi ini merupakan bentuk akuntabilitas pemerintah kepada publik, memastikan bahwa anggaran digunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kalimantan Smart Info (Om Anwar)

Avatar photo

Redaksi

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page