Next Post

TMMD Berakhir, Jiwa Korsa TNI Disambut Banjir Tanah Bumbu

Danramil Letda Inf Suratmin, pantau banjir Kusan Hilir dan Kusan Tengah. 06/2024

Kalimantan Smart Info

Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu – Curah hujan yang semakin tinggi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu membuat para Babinsa Koramil semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana alam banjir yang semakin hari semakin meluas.

Jiwa Korsa Letda Inf. Suratmin

Bagi seorang tentara, salah satu wujud jiwa korsa adalah tidak ada lagi nilai lain selain rasa loyalitas, penghormatan, dan pengabdian kepada negara, di mana mereka telah disumpah atas nama Tuhan Yang Maha Esa untuk setia kepada Pancasila dan UUD 1945 serta melaksanakannya secara murni dan konsekuen. (Jiwa Korsa TNI)

Danramil Letda Inf Suratmin, pantau banjir Kusan Hilir dan Kusan Tengah. 06/2024

Demikian halnya dengan Letda Inf. Suratmin, yang sedang mengabdi dan bertugas sebagai Danramil di Koramil 1022-02/khi yang meliputi wilayah Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Kusan Tengah di Kabupaten Tanah Bumbu.

Danramil Letda Inf. Suratmin menyampaikan bahwa Koramil 1022-02/khi bersama para Babinsa selalu sigap dan trengginas untuk mengantisipasi kejadian banjir yang berlangsung sekarang.

Danramil Letda Inf Suratmin, pantau banjir di Desa Saring Sungai Binjai. 06/2024

Letda Inf Suratmin saat bertemu di Desa Saring Sungai Binjai Minggu (09/06/2024), mengatakan bahwa Babinsa nya terjun langsung kelapangan untuk memantau situasi dan kondisi wilayah serta memerintahkan para Babinsa untuk mengecek dan menghimbau warga binaannya untuk mewaspadai banjir yang mungkin lebih besar lagi seiring bertambahnya debit air di Sungai Kusan.

“Kami imbau warga lebih berhati-hati dan waspada apabila curah hujan kembali tinggi yang dapat menyebabkan meluapnya air sungai ke pemukiman warga“ ungkap Letda Inf. Suratmin.

Danramil Letda Inf Suratmin, pantau banjir di Desa Saring Sungai Binjai. 06/2024

Berdasarkan pantauan Babinsa, Ia mengatakan kondisi debit air cukup tinggi. Untuk itu , ia tetap siaga memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait, sebagai antisipasi terjadinya banjir yang lebih besar.

Saat ditanya apa saja langkah-langkah lain yang dilakukan pihak TNI khususnya Koramil 1022-02/khi wilayah Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Kusan Tengah menghadapi banjir di Kabupaten Tanah Bumbu, Letda Inf. Suratmin pun menjelaskan detail satu persatu dengan lancar dan penuh semangat.

Danramil Letda Inf Suratmin, pantau banjir bersama Relawan dan Satgas Penanganan Bencana BPBD. 06/2024

Yang pertama, bersama instansi terkait membantu dan menyiapkan tempat pengungsian” Kata Letda Inf Suratmin.

Yang ke-2, melaksanakan pendampingan dan pengamanan/ mengawal pendistribusian bansos pendorongan logistik bagi masyarakat yang berdampak banjir” lanjut Letda Inf. Suratmin.

Danramil Letda Inf Suratmin, pantau banjir bersama Relawan dan Satgas Penanganan Bencana BPBD. 06/2024

Yang ke-3, bersama Tenaga Kesehatan memberikan perawatan pengobatan massal kepada masyarakat yang sedang sakit susah di jangkau” ucap Letda Inf. Suratmin.

Yang Ke-4, selalu memantau monitoring perkembangan situasi kondisi tentang debet Air” Ujar Letda Inf Suratmin.

Danramil Letda Inf Suratmin, pantau banjir Kusan Hilir dan Kusan Tengah. 06/2024

Yang terakhir, melakukan tindakan kegiatan Evakuasi bagi anak balita dan manula yang menjadi skala prioritas untuk segera di lakukan pertolongan” kata Letda Inf. Suratmin.

Danramil Letda Inf Suratmin, akan memantau banjir bersama Relawan dan Satgas Penanganan Bencana BPBD. 06/2024

“Pertanyaan terakhir Komandan, ngomong-ngomong sampean ini apa nggak ada rasa capek-capeknya, habis bolak balik kegiatan TMMD ke Karang Bintang naik motor trail, terus sekarang harus disibukkan lagi urusi banjir setiap harinya, emang usianya sekarang berapa sih?” ucap kami penasaran.

Sambil tertawa terbahak, dengan suara lantang namun disertai canda, Letda Inf Suratmin pun berkata “Alhamdulillah usia saya 53 tahun mas, tetap semangat diberi Allah berupa kesehatan”.

“Sehingga sinergi TNI dengan Lintas Instansi yang selama ini kita bangun bisa gerak cepat menjalani tugas dan kewajiban kepada negara, termasuk membantu semaksimal mungkin di bencana banjir” Tutup Letda Inf. Suratmin tersenyum bersahabat seraya melambaikan tangan.

Kalimantan Smart Info (Om Anwar)

Avatar photo

Redaksi

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page