Next Post

Pemkab Tanah Bumbu Ikuti Rakoor Pengendalian Inflasi 2023

TANAH BUMBU – Pemkab Tanah Bumbu mengikuti Rapat Koordinasi (Rakoor) Pengendalian Inflasi Tahun 2023.

Rakoor Pengendalian Inflasi tersebut dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Hadir pula Menteri Keuangan, BPS, Badan Pangan Nasional, dan Instansi lainnya. 

Kegiatan diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eryanto Rais, yang hadir secara zoom meeting melalui Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (6/11).

Rakoor pengendalian inflasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi di daerah.

Selain itu, untuk memberikan penghargaan kepada daerah yang telah berkinerja baik, serta memacu daerah lain dalam meningkatkan kinerja pengendalian harga inflasi di daerahnya.

Sementara itu, terkait insentif fiskal tahun 2023 dalam kinerja berjalan, kategori pengendalian inflasi daerah diberikan kepada pemerintah daerah yang berdasarkan penyesuaian telah berkinerja baik dalam mendukung pengendalian inflasi.

Tahun ini diberikan insentif fiskal terkait inflasi daerah dengan total pagu sebesar Rp 660 miliar.

Ada 34 daerah menerima alokasi insentif fiskal. Kategori pengendalian inflasi daerah untuk periode ketiga yang terdiri dari 3 provinsi, 6 kota dan 25 kabupaten.

Pada tahun 2023 ini alokasi yang diberikan total sebesar Rp 340 miliar, dengan alokasi tertinggi sebesar Rp 11,9 miliar dan Rp 8,5 miliar. Dengan demikian total insentif fiskal dalam tahun berjalan dengan inflasi adalah sebesar Rp 1 triliun.

Adapun kinerja pemda yang dinilai adalah tingkat inflasi yang merupakan nilai pencapaian hasil dari pencapaian inflasi daerah, pelaksana upaya yang dilaksanakan oleh pemda, pencapaian laporan ke Mendagri dengan jumlah laporan harian yang di sampaikan oleh pemda dalam inflasi pada kabupaten/kota.

Avatar photo

Redaksi

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page