Next Post

Gemuruh Harapan, Sosialisasi UGB dan PUB Tahun 2024

Sambutan Liana Hamita, Kadis Sosial Tanah Bumbu di acara Sosialisasi UGB dan PUB Tahun 2024, kamis (27/06)

Di tengah laju zaman yang menggeliat, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu melangkah dengan langkah pasti, mempersembahkan sebuah kegiatan yang sarat makna dan harapan: Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah (UGB) dan Pengumpulan Uang Barang (PUB) Tahun 2024.

Pendopo Serambi Madinah, tempat kegiatan sosialisasi UGB dan PUB 2024 diadakan (27/06)

Kegiatan ini terlaksana di Pendopo Serambi Madinah Kantor Bupati Tanah Bumbu, kamis (27/06). Dalam sambutan yang sarat akan keikhlasan, Kepala Dinas Sosial Liana Hamita menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan sekadar program, tetapi sebuah manifestasi dari komitmen untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas.

Sambutan Liana Hamita, Kadis Sosial Tanah Bumbu di acara Sosialisasi UGB dan PUB Tahun 2024, kamis (27/06)

Liana Hamita dengan penuh kebanggaan menyebutkan beberapa contoh konkret yang diharapkan dapat menginspirasi masyarakat. Misalnya, penempatan kotak sumbangan di tempat umum, mengadakan bazaar yang meriah, dan pihak bank yang melaksanakan undian gratis berhadiah. Semua ini adalah upaya nyata untuk menggugah partisipasi masyarakat, agar bersama-sama kita bisa melangkah menuju masa depan yang lebih cerah.

Liana Hamita, Kadis Sosial Tanah Bumbu menyambut hangat kehadiran nara sumber, Rahmat, MPS, Sp dan para tamu undangan (27/06)

Menurut Liana Hamita, kegiatan ini terintegrasi dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Bidang Pemberdayaan Sosial, pada Program Pemberdayaan Sosial, khususnya dalam Kegiatan Pengumpulan Sumbangan Dalam Daerah Kabupaten/Kota. Sub kegiatan ini mencakup Koordinasi dan Sinkronisasi Penerbitan Izin Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang atau Barang. Dasar hukum yang melandasi kegiatan ini adalah Permensos Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pengumpulan Uang atau Barang, serta Permensos Nomor 4 Tahun 2021 tentang Undian Gratis Berhadiah.

Putu Wisnu Wardana, Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Tanah Bumbu membuka acara Sosialisasi UGB dan PUB Tahun 2024, kamis (27/06)

Sambutan dari Bupati Tanah Bumbu yang sekaligus membuka secara resmi acara ini diwakili oleh Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Putu Wisnu Wardana, menambah kehangatan dan keakraban suasana dengan alunan pantun di awal dan di akhir sambutan. Wisnu menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah langkah nyata dalam membangun sinergi antar berbagai elemen masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Narasumber, Rahmat, MPS, Sp dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan memberikan wawasan tentang UGB dan PUB (27/06)

Pada acara yang penuh dengan semangat kebersamaan ini, hadir sebagai narasumber, Rahmat, MPS, Sp, yang mewakili Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan. Kehadirannya memberikan wawasan yang mendalam dan panduan yang jelas mengenai pelaksanaan program ini.

Narasumber, Rahmat, MPS, Sp dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan memberikan wawasan tentang UGB dan PUB (27/06)

Rahmat memaparkan bahwa tujuan sosialisasii ini adalah terhimpunnya dana Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) yang diperuntukkan bagi upaya peningkatan kesejahteraan sosial, terselenggaranya undian gratis berhadiah secara tertib dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, terhimpunnya pajak atas hadiah sebagai kontribusi negara dan terlindunginya masyarakat dari dampak penipuan berkedok UGB.

Narasumber, Rahmat, MPS, Sp dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan memberikan wawasan tentang UGB dan PUB (27/06)

Daftar undangan juga mencakup berbagai pihak penting, mulai dari Bank BRI Batulicin, Bank Kalsel Batulicin, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP), dunia usaha, pihak swasta, BUMN, kecamatan, kelurahan, Bumdes, hingga organisasi kemasyarakatan.

Foto Bersama, Kegiatan Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang Barang Tahun 2024 Kab. Tanah Bumbu. Kamis (27/06)

Melalui kegiatan ini, diharapkan akan terjalin sinergi yang kuat antar berbagai elemen masyarakat. Semua bergerak dengan satu tujuan mulia, yaitu menggapai kesejahteraan bersama. Dengan penuh keyakinan, Kepala Dinas Sosial  menitipkan sebuah pesan yang menggugah hati: “Mari kita bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik, dengan saling berbagi dan memberi. Karena dari tangan-tangan yang memberi, akan tumbuh harapan-harapan yang baru.”

Sementara itu, Isye Faizah, SPO BRI BO Batulicin, yang hadir di acara sosialisasi, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini merupakan hal positif, terutama bagi Bank BRI yang mempunyai program pengundian rutin yang dilakukan dua kali dalam satu tahun dan dilaksanakan oleh BRI cabang di seluruh Indonesia. Program BRI ini, selain mengedukasi masyarakat untuk menabung di tabungan Simpedes, juga memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mendapatkan kupon hadiah yang akan diundi.

Rangkaian kegiatan Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang Barang Tahun 2024. Kamis (27/06)

Memahami Hakikat UGB dan PUB

“undian gratis berhadiah” dan “pengumpulan uang atau barang” sebenarnya memiliki tujuan yang berbeda, namun dapat saling berkaitan dalam beberapa konteks.

Undian Gratis Berhadiah
Undian gratis berhadiah sering kali digunakan sebagai alat untuk menarik perhatian dan partisipasi dari masyarakat. Hadiah gratis menjadi daya tarik utama yang mendorong orang untuk terlibat dalam acara atau kegiatan tertentu. Perusahaan atau organisasi sering mengadakan undian gratis berhadiah sebagai strategi pemasaran untuk memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada khalayak yang lebih luas. Melalui undian, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan menciptakan pengalaman positif yang diingat oleh peserta.

UGB dan PUB Kemensos

Pengumpulan Uang atau Barang
Pengumpulan uang atau barang biasanya dilakukan untuk tujuan sosial atau amal. Filosofi di baliknya adalah untuk membantu mereka yang membutuhkan dan mendukung kegiatan atau program yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Pengumpulan barang dan uang juga mencerminkan semangat gotong royong dan solidaritas dalam komunitas. Ini menunjukkan bagaimana masyarakat bisa bersatu untuk tujuan yang lebih besar dan bermanfaat. Seringkali, kegiatan pengumpulan uang atau barang juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu tertentu, seperti bencana alam, penyakit, atau ketidakadilan sosial.

Rangkaian kegiatan Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang Barang Tahun 2024. Kamis (27/06)

Memahami hakikat di balik undian gratis berhadiah dan pengumpulan uang atau barang membantu kita melihat bagaimana strategi-strategi ini tidak hanya bermanfaat secara ekonomi tetapi juga mempromosikan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan

Kalimantan Smart Info – Jendela Informasi Nusantara (Om Anwar)

Avatar photo

Redaksi

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page