Next Post

Tanah Bumbu, Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan Melalui GPM

Kalimantan Smart Info, Tanah Bumbu – Antrian warga nampak memadati lapangan sepak bola Kelurahan Batulicin pada pagi hari, Selasa (14/05/2024).

Warga dengan sabar mengantri untuk dapat membeli beras dan juga berbagai bahan pangan pokok lainnya seperti bawang merah, telur, minyak goreng dan lain sebagainya dalam ‘Gerakan Pangan Murah’ atau disingkat GPM.

Terlaksananya kegiatan yang bertema ‘Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan Secara Nasional’ tentu diharapkan turut memberdayakan potensi produk lokal petani, peternak maupun para pengusaha UMKM di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan GPM ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu di lapangan sepakbola Kelurahan Batulicin.

Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar melalui Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Eryanto Rais mengatakan bahwa masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan gerakan pangan murah, apalagi harganya jauh dari harga yg ada di pasar.

Sasaran Gerakan Pangan Murah

Sekertaris DKPP Tanah Bumbu Lamijan SP mengatakan gerakan pangan murah dilaksanakan untuk berkontribusi menekan laju insflasi dan menyediakan bahan pangan murah yang diperlukan masyarakat.

Apakah ‘Gerakan Pangan Murah’ yang diluncurkan Badan Pangan Nasional (Bapanas) secara massal di seluruh Indonesia mampu menekan laju inflasi?

Definisi Inflasi

Inflasi menjadi istilah yang saat ini sering kita dengar, namun tak sedikit pula yang belum memahami.

Definisi inflasi menurut Bank Indonesia adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak bisa disebut inflasi, kecuali jika kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang-barang lainnya.

Inflasi yang rendah dan stabil merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (BANK INDONESIA, 2020)

“Itu salah satu upaya pemerintah dalam mendukung program nasional yang mana pemerintah daerah menyiapkan kebutuhan pokok yang terjangkau oleh masyarakat” Ucap Eryanto Rais.

Peluncuran GPM Serentak Nasional

Pada acara Peluncuran GPM serentak Nasional 26/06/2023 yang lalu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan bahwa kolaborasi menjadi kunci sukses keberhasilan dalam mengendalikan pangan. Untuk itu, diperlukan kolaborasi semua pihak dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Mendag juga menegaskan bahwa melalui Gerakan Pangan Murah, Badan Pangan Nasional (Bapanas) dapat memperpendek rantai distribusi sehingga rakyat mendapatkan harga terbaik. Melalui Bapanas, pemerintah bisa mengendalikan stok pangan. (Kemendag, 2023).

Kalimantan Smart Info (Om Anwar)

 

 

 

Admin

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page