Next Post

Dinas PUPR Tanah Bumbu Kenalkan Inovasi GEMPAR

TANAH BUMBU – Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu telah merespon dengan solusi inovatif terhadap permasalahan serius dalam pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi yang belum optimal. Dengan langkah progresifnya, mereka memperkenalkan “Gerakan Masyarakat Pemanfaat Air” (GEMPAR).

Kabid Sumber Daya Air PUPR Tanbu, Muhammad Hairil Bakri, menjelaskan bahwa organisasi ini terdiri dari petani dan kelompok pertanian yang memanfaatkan air untuk pertanian dan perikanan. GEMPAR bertujuan mengatasi tantangan seputar alokasi air, perawatan infrastruktur irigasi, dan pemantauan kualitas air.

“Hal ini tidak hanya meningkatkan akses petani terhadap sumber daya air, pelatihan pertanian, informasi, dan dukungan teknis, tetapi juga bertujuan membentuk sistem irigasi yang lebih berkelanjutan,” ujar Hairil, Senin (11/12/23).

GEMPAR memiliki peran kunci dalam peningkatan kinerja irigasi dan memberdayakan petani dalam pengelolaan sumber daya air mereka. Manfaatnya terlihat dalam peningkatan kualitas perencanaan pembangunan Bidang Sumber Daya Air, efektivitas penggunaan anggaran, dan koordinasi yang lebih efisien.

Hairil menyoroti bahwa GEMPAR juga memberikan kemudahan dalam pemantauan dan evaluasi, menyederhanakan proses perencanaan untuk lembaga pemerintah terkait.

Bagi masyarakat dan petani, GEMPAR menjanjikan keberlanjutan jaringan irigasi melalui pemeliharaan rutin, perbaikan infrastruktur, dan perlindungan lingkungan. Selain itu, melalui akses informasi dan keterampilan, petani dapat lebih aktif dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan irigasi, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial mereka.

GEMPAR tidak hanya menjadi solusi praktis, tetapi juga sebagai platform untuk mengusulkan, mengembangkan, dan mengelola infrastruktur irigasi secara efisien. Dengan demikian, mereka berkontribusi pada transparansi dalam perencanaan pemerintah daerah dan memastikan pembangunan infrastruktur irigasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Inovasi luar biasa ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, meningkatkan kinerja irigasi, dan mendukung produktivitas pertanian dan perikanan,” tutup Hairil, menegaskan tujuan utama dari GEMPAR.

Avatar photo

Redaksi

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page