Next Post

BPBD Tanah Bumbu Ekspose Laporan Akhir RPB

TANAH BUMBU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu membuka forum konsultasi publik bersama instansi terkait kebencaan.

Kegiatan ini dalam rangka ekspose laporan akhir penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Tahun 2023, bertempat di  Hotel Ebony, Jum’at (8/12/23).

Ekspose dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Eryanto Rais.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena telah membangun koordinasi, komitmen dan berpartisipasi aktif. Baik dari pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan juga media.

“Tersusunnya dokumen ini tak lepas dari dukungan kita semua. Terutama untuk menggapai cita-cita bersama guna mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD melalui Sekretaris Dwi Kesuma Putera menambahkan dokumen kebencanaan ini harus dimiliki setiap daerah dan perlu diperbaharui setiap lima tahun.

“Dokumen ini merupakan pembanding dalam penyusunan RPJMD maupun penyusunan dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” ujarnya.

Dokumen ini menjadi pedoman kebijakan pemerintah daerah untuk merencanakan program dan kegiatan yang mengintervensi langsung stakholder terkait dalam upaya penanggulangan bencana.

“Baik mulai dari proses pencegahan, darurat hingga rehabilitasi rekonstruksi pasca bencana sesuai dengan tupoksi dan perannya selama 5 tahun,” terangnya.

Dwi Kesuma menambahkan dengan adanya RPB ini kedepannya dapat meningkatkan indikator kinerja pimpinan daerah dalam rangka pengurangan indeks risiko bencana.

“Outputnya adalah meningkatkan rasa aman dan tentram masyarakat dari bahaya bencana, yang muaranya diharapkan dapat meningkatkan daya tarik investasi di Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Admin

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News