Next Post

Disdukcapil Tanbu Targetkan Perekaman E-KTP Rampung Di 2024

TANAH BUMBU – Tahun 2024, Dinas Dukcapil Kabupaten Tanah Bumbu  akan menyelesaikan perekaman KTP elektronik 100 persen dan penyediaan data kependudukan dengan tingkat akurasi tinggi.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) telah bekerja sama sebanyak 15 instansi dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan organisasi vertikal yang bergerak di sektor layanan publik, untuk memberikan data kependudukan.

“15 SKPD sudah konek dengan kita kemudian nanti dia akan memanfaatkan data NIK, data dari Dukcapil,” ungkap Gentor Hariyadi di ruang kerja, Gunung Tinggi, Selasa (5/12).

Hingga 2023 ini, Dukcapil telah banyak menghasilkan kegiatan yang membanggakan. Ia pun mengucapkan terimakasih kasih kepada pejabat dan staf, yang bekerja keras untuk mencapai target-target yang ditentukan.

Ia menyampaikan, Disdukcapil memang beda dengan SKPD lain, karena Disdukcapil banyak melaksanakan kebijakan langsung dari Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Admindu (Administrasi dan Kependudukan).

Ia pun berharap, tahun 2024, perekaman KTP elektronik dapat dituntaskan 100 persen, dari sisa 0,31 persen, dengan dukungan data hasil tracking di lapangan.

Data yang dimiliki oleh Dukcapil, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh SKPD untuk menuntaskan program dan kegiatan seperti penurunan angka stunting atau mengurangi angka kemiskinan ekstrem.

Data mentah yang masuk ke Dukcapil akan dikonversi menjadi data terpilah dan tersaring, bahkan bila perlu turun lagi ke lapangan untuk memverifikasi data karena bagian dari tugas Dukcapil adalah memberikan indentitas dan legalitas.

Bahkan di tahun 2024 nanti, Gento merencanakan semua SKPD dapat memanfaatkan 16 indikator dalam aplikasi Sidak (Sistem informasi Data Agregat Kependudukan), cukup dengan mendapatkan user dari Dukcapil maka SKPD dapat membuka data SIDAK.

Intinya, tahun 2024 Dukcapil akan terus berinovasi untuk pengembangan program dan kegiatan dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi, pemanfaatan data kepada SKPD, dan kepemilikan dokumen kependudukan, catatan sipil bagi seluruh penduduk, dan terakhir, menyediakan data dengan tingkat akurasi tinggi. 

Admin

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News