Next Post

Kades Mekarsari Programkan Ternak Kambing, Untuk Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

Tanah Bumbu – Melalui Dana Desa bidang Ketahanan Pangan, Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Simpang Empat menggalakan program peternakan bagi warganya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Mekarsari, Suriansyah, saat disambangi kru media di ruang kerjanya Selasa (17/10/23).

“Sudah berjalan 2 tahun, dan sebanyak 59 warga yang menerima bantuan pemeliharaan kambing ini,” ungkapnya.

Adapun jumlah kambing yang kami berikan terangnya, sebanyak 59 ekor betina dan 6 ekor pejantan.

Warga peternak lanjutnya lagi, terdiri dari 4 Kelompok per RT dengan sistem bergulir. Bagi warga terdahulu yang sudah menerima bantuan dan berhasil mengembangbiakan ternaknya, akan mengembalikan 1 ekor betina usia minimal 7-8 bulan (siap kawin) kepada warga lain yang belum menerima bantuan.

“Saat ini, jumlah kambing ternak yang ada sudah lebih 200 ekor. Dari masing masing warga yang awalnya memelihara hanya 1 ekor, telah berhasil mengembangkannya hingga menjadi 4 ekor, dan program ini terus berlanjut. Jadi sangat tepat sekali Perkumpulan Rumah Inspirasi Kreatif mengadakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik berbasis kotoran ternak di Desa Mekarsari ini,” pungkasnya sambil mendata warga yang akan menjadi peserta pelatihan pada Tanggal 21 Oktober 2023 yang bakal dihadiri oleh Pemda setempat. (Red)

Avatar photo

Redaksi

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page