Next Post

Sekda Tanah Bumbu Isi Talkshow Jhonlin Radio

TANAH BUMBU – Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, mengisi talkshow pada acara coffee break Jhonlin Radio, Rabu (4/10) pukul 16.00 Wita.

Talkshow mengangkat tema ‘Menyiapkan SDM Berkualitas Tanah Bumbu Menyongsong IKN Nusantara’.

SDM mumpuni yang harus disiapkan tentu banyak aspek dan sesuai dengan kebutuhan IKN, baik berupa kebutuhan lapangan kerja untuk pembangunan infrastruktur, kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan tempat tinggal, kemudian kebutuhan sekunder maupun primer bagi pekerja hingga warga IKN.

Terkait dengan SDM yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur di IKN, terdapat puluhan keahlian khusus yang pasti tenaga mereka dibutuhkan, seperti teknik sipil, teknik industri, teknik elektro, teknik mesin, kewilayahan dan perkotaan.

Kemudian, ada teknik arsitektur, teknik geodesi, teknik informatika, teknik kebumian dan energi, teknik kehutanan, teknik kimia, teknik lingkungan, teknik material, metalurgi, teknik pertanian, teknik peternakan, dan lainnya.

Selain itu, ada berbagai macam jenis keterampilan yang oleh masyarakat umum disebut tukang bangunan, seperti tukang batu, tukang kayu, tukang besi, tukang marmer, tukang bekisting, tukang cor, hingga pembantu tukang.

Sedangkan untuk pemenuhan kebutuhan primer bagi pekerja konstruksi di IKN, pekerja umum, serta penduduk di IKN Nusantara yang diperkirakan mulai datang pada 2024 sebanyak 200 ribu jiwa, sehingga pada 2045 di kawasan ini dihuni sekitar 1,9 juta jiwa, juga perlu dipersiapkan sejak dini.

Setiap individu yang tinggal di IKN pasti membutuhkan makan, minum, tempat tinggal, dan berbagai kebutuhan lain, sehingga warga yang saat ini tinggal di kawasan penyangga IKN harus meningkatkan kompetensi agar dapat memproduksi berbagai jenis kebutuhan dengan kualitas baik.

Kompetensi yang perlu disiapkan maupun ditingkatkan tersebut seperti bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dalam arti luas, hingga sejumlah kompetensi bidang jasa antara lain servis elektronik, perbengkelan, reparasi dan lainnya.

Admin

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page