Next Post

Masjid Di New York Tak Perlu Lagi Mengajukan Izin Untuk Mengumandangkan Azan

New York – Sejarah baru tercatat di New York, Amerika Serikat (AS). Kini, masjid di New York tak perlu lagi mengajukan izin untuk mengumandangkan azan pada hari tertentu.

Dilansir Associated Press dan CNN, Jumat (1/9/2023), Wali Kota New York Eric Adams mengizinkan azan untuk dikumandangkan secara bebas oleh masjid-masjid setempat tanpa izin khusus seperti sebelumnya. Namun ketentuan terbaru itu hanya akan berlaku saat salat Jumat dan selama bulan suci Ramadhan.

Adams, dalam pernyataannya pada Selasa (29/8) waktu setempat, menyebut aturan terbaru itu akan menumbuhkan semangat inklusivitas. Adams menyatakan masjid-masjid lokal di kota New York tidak akan memerlukan izin khusus untuk mengumandangkan azan setiap hari Jumat atau pada saat matahari terbenam, saat Maghrib tiba, selama bulan Ramadhan.

Biro urusan masyarakat pada Departemen Kepolisian Kota New York, kata Adams, akan bekerja sama dengan pengelola masjid-masjid lokal untuk mengkomunikasikan aturan terbaru tersebut. Dia memastikan perangkat yang digunakan untuk menyiarkan azan diatur pada tingkat desibel yang sesuai.

Pemerintah New York mengatur tempat-tempat ibadah dapat menyiarkan sesuatu dengan pengeras suara hingga 10 desibel di atas tingkat kebisingan sekitar.

“Sudah terlalu lama, ada perasaan bahwa masyarakat kita tidak diperbolehkan mengumandangkan azan,” ucap Adams yang didampingi para pemimpin Muslim lokal dalam konferensi pers di Balai Kota New York.

Adams mengatakan pihaknya memotong pita merah dengan menyatakan masjid dapat mengumandangkan azan pada Jumat dan magrib di bulan Ramadhan. Dia menegaskan semua warga berhak menghayati keyakinan masing-masing di New York.

“Hari ini, kami memotong pita merah dan menyatakan dengan jelas bahwa masjid dan rumah ibadah bebas mengumandangkan azan pada hari Jumat dan selama Ramadan tanpa memerlukan izin,” tegasnya.

“Anda bebas menghayati keyakinan Anda di Kota New York,” sambung Adams.

Sebagai informasi, kumandang azan dengan pengeras suara sudah biasa dilakukan masjid-masjid di negara mayoritas Muslim. Namun, kumandang azan jarang terdengar di AS.

Admin

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News