Next Post

Sekda Tanbu H Ambo Sakka Hadiri Kirap Pemilu

BATULICIN – Bendera Kirap Pemilu 2024, akhirnya tiba di Kabupaten Tanah Bumbu setelah KPU Kotabaru menyerahkan bendera kepada KPU Tanah Bumbu, disaksikan seluruh perwakilan Partai Politik dan Forkopimda setempat, Sabtu (26/8/2023).

Tanda pelaksanaan Pemilu semakin dekat, maka masyarakat pun dihimbau untuk menyemarakkan pemilu dan berpartisipasi dipesta demokrasi yang yang digelar tiap 5 tahun sekali.

Disaksikan Ketua KPU Provinsi Kalsel, Andi Tenri Sompa, Sekretaris Daerah Tanbu H Ambo Sakka, Ketua DPRD, Andrean Atma Maulani, Bawaslu kabupaten serta Seluruh PPK dan PPS se Kabupaten Tanah Bumbu, berlangsung dengan penuh suka cita.

Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi, usai menerima Kirap Pemilu tersebut mengatakan Tanah Bumbu sudah siap melaksanakan sosialisasi pesta demokrasi tersebut. Serah terima ini langsung diterima dari KPU Kotabaru dan selama di Tanah Bumbu akan dibawa berkeliling dan kemudian estapet ke Kabupaten Tanah Laut.

” Kegiatan serah terima kirap pemilu ini juga sekaligus digelarnya deklarasi pemilu bersama Forkopimda dan semua parpol yang menjadi peserta pemilu. Harapannya berjalan lancar, aman dan damai, ” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalsel, Andi Tenri Sompa, membeberkan bahwa Kirap Pemilu ini adalah program Nasional KPU RI yang dimulai setahun sebelum pemilu dilaksanakan dengan berkeliling Indonesia.

Untuk kalsel ini merupakan terusan dari Kalimantan Barat, Kalteng dan sekarang di kalsel. Setelah di Tanah Bumbu akan dilanjutkan ke Tanah Laut dan Kabupaten Banjar dan terakhir di Banjarbaru.

” Adanya Kirap Pemilu ini, menandakan bahwa pemilu bukan milik pusat tetapi dilaksanakan di seluruh Indonesia sampai ke wilayah terkecil, sebagai pesta demokrasi. Kirap Pemilu ini juga menjadi simbol kebahagian pemilu, ” ungkapnya.

Andi Tenri juga mengatakan, pemilu adalah pesta kontestasi politik dan ajang konflik yang dilegalkan Negara.

” Ini adalah pesta konflik yang dilegalkan pemerintah karena bersaing untuk menjadi pemimpin, jadi ini sah sah saja dalam memperebutkan jabatan sebagai pemimpin, ” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, mengatakan Kirab pemilu ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung agar pelaksanaan pemilu berjalan baik. Selain itu, kirab pemilu ini sebagai sarana integrasi bangsa, yang kiranya dapat dimaknai bahwa proses pesta demokrasi, hendaknya disambut dan dirayakan dengan gembira serta bahagia.

” Melalui kirab pemilu ini, saya berharap masyarakat dapat teredukasi mengenai pentingnya menggunakan hak suara pada pemilu, karena sesungguhnya tujuan kirab yang kita laksanakan adalah untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih, agar meningkatkan pengetahuan masyarakat, guna membantu dan memudahkan dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024,” kata Ambo mewakili Bupati.

Sebab itu, keberhasilan pemilu dapat diwujudkan dengan baik, ketika semua pihak, baik pihak penanggung jawab, penyelenggara, jajaran Pemerintah Daerah, DPRD, partai politik, para kandidat beserta pendukung, maupun komponen masyarakat, dapat memahami dan mencermati secara benar proses demokrasi yang akan berlangsung.

” Kita mengharapkan terciptanya suasana Pemilu di Kabupaten Tanah Bumbu yang aman, nyaman, terbit dan kondusif, ” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan Kirap Pemilu ini juga diranfkai dengan menampilkan Drumband Satpol PP dan Damkar Tanbu, Tari-tarian dari Disparpora dan pantomim putra daerah tanbu yang sudah menasional.

Avatar photo

Redaksi

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News

You cannot copy content of this page