Next Post

Pemprov Kalsel Kejar Pengerjaan Bypass Banjarbaru-Batulicin

Sejak kepemimpinan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin, pembangunan infrastruktur di Kalimantan Selatan terus dilakukan.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan merupakan program yang harus dijalankan dengan prioritas secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Karena sebagai komponen dalam infrastruktur pembangunan menjadi daya hubung bagi aksesbilitas masyarakat secara umum.

Salah satunya pembangunan akses jalan Banjarbaru-Batulicin. Pembangunan akses jalan dilakukan sejak tahun 2019 dengan panjang 100 km, setiap tahunnya terus dilaksanakan pembangunan jalan tersebut.

“Jadi tahun 2023, kami dapat anggaran Rp150 miliar untuk jalan tersebut. Anggaran tersebut akan digunakan untuk memasang sejumlah box culvert dan pengaspalan jalan. Target tahun depan jalan sudah tersambung, tidak lagi terpisah oleh sungai,” kata Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan, di Banjarbaru, Rabu (29/3/2023).

Menurutnya, untuk menyambungkan akses jalan Banjarbaru-Batulicin masih perlu membangun empat jembatan.

“Targetnya tahun depan bisa dibangun, mudah-mudahan ada anggarannya,” ujarnya.

Sedangkan untuk pekerjaan tahun ini, ada sekitar enam box culvertdipasang di beberapa titik untuk menyambungkan jalan yang dipisahkan oleh sungai-sungai kecil tersebut.

“Kami juga akan mengaspal jalan sekitar 15 km,” ungkapnya.

Lalu, apabila pengaspalan rampung, maka masih ada sekitar 60 kilometer jalan yang belum diaspal.

“Karena saat ini baru 25 kilometer yang teraspal sejak tahun 2019-2022,” tuturnya.

Lanjut Ia menjelaskan, pembangunan jalan Banjarbaru–Batulicin masih memerlukan anggaran besar. Apalagi, pemerintah masih menggunakan APBD, karena belum ada pemodal yang bersedia berinvestasi.

“Mungkin karena dihitung lalu lintas ke sana masih sepi. Kecuali suatu saat nanti, ibu kota negara di Kaltim sudah jadi dan kawasan industri Batulicin berkembang, maka lalu lintas ke sana akan ramai,” katanya.

Oleh sebab itu, pemerintah Provinsi kalimantan Selatan akan terus membangun jalan bebas hambatan secara bertahap setiap tahunnya.

Apabila akses jalan Banjarbaru-Batulicin selesai, bisa memangkas waktu perjalanan dari Banjarbaru ke Batulicin sekitar 2 hingga 3 jam. Sedangkan lewat jalan biasa, membutuhkan waktu 5 sampai 6 jam untuk ke Banjarbaru atau sebaliknya ke Batulicin.

Admin

Related posts

Newsletter

Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan informasi berita terbaru kami.

Loading

IMG-20210224-WA0065

Recent News